TOEIC® Test

Protected by Copyscape Web Plagiarism Checker

TOEIC sampai dengan saat ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat terutama kalangan pelajar, mahasiswa dan pekerja. Di Surabaya, TOEIC hanya dikenal sebagai test untuk siswa SMK, itupun karena pemerintah memperkenalkan TOEIC test di lingkungan SMK sebagai syarat kelulusan. Padahal, di dunia perbankan TOEIC sudah lebih dulu dipakai dibandingkan TOEFL sebagai syarat untuk promosi jabatan dan kenaikan jabatan baru. Tetapi kenapa tidak TOEFL, seperti yang diperkenalkan di SMA dan Universitas? Ya, karena tujuannya pun berbeda.

Mengapa TOEIC?

Test TOEIC adalah tipe test Bahasa Inggris yang dapat mengukur kemampuan Bahasa Inggris untuk individu yang bekerja di lingkungan international dalam kesehariannya. Nilai-nilainya menunjukkan seberapa baik seseorang dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan individu lainnya dalam berbisnis, perdagangan dan industri. Dengan demikian, TOEIC sangat dibutuhkan oleh:

1. Karyawan atau staf yang menggunakan Bahasa Inggris dalam berbagai lingkungan kerja seperti, bisnis, hotel, rumah sakit, restoran, pertemuan international, konfrensi dan program olahraga.

2. Staf manajemen, sales, dan karyawan bagian teknik dalam bisnis international, perdagangan dan industri yang membutuhkan Bahasa Inggris dalam pekerjaan mereka.

3. Para calon peserta pelatihan yang akan dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Standar TOEIC memang di bawah standar TOEFL, karena TOEIC tidak memerlukan pengetahuan khusus atau istilah yang tidak umum digunakan orang dalam aktivitas sehari-hari. Tetapi TOEIC adalah salah satu jenis test yang dianggap tepat dalam menilai kemampuan Bahasa Inggris seseorang di dalam dunia kerja, karena soal-soal test TOEIC disusun secara khusus berdasarkan pengaturan dan situasi dalam kehidupan keseharian seperti:

1. Pengembangan perusahaan: riset, pengembangan produk

2. Perjamuan makan: perjamuan bisnis dan makan siang yang informal, resepsi, perjamuan makan dan pemesanan restoran

3. Hiburan: bioskop, teater, musik, kesenian, pameran, museum, media

4. Keuangan dan Anggaran Belanja: Perbankan, merjer, investasi, perpajakan, akuntansi, pembayaran rekening

5. Bisnis umum: kontrak, negosiasi, pemasaran, penjualan, garansi, perencanaan bisnis, konferensi, hubungan tenaga kerja

6. Kesehatan: asuransi media, mengunjungi dokter, dokter gigi, klinik, rumah sakit

7. Perusahaan perumahan/properti: kontruksi, spesifikasi, sewa beli. layanan listrik dan gas

8. Pabrik: perakitan, manajemen pabrik, kualitas mutu

9. Perusahaan: rapat dewan, komite, surat-surat memorandum, telepon, fax dan e-mail, perlengkapan kantor dan perabot rumah, prosedur kantor.

10. Personalia: perekrutan dan penerimaan karyawan, mempekerjakan karyawan baru, pengunduran diri, gaji, promosi, lowongan kerja, iklan, pendapatan setelah pensiun dan penghargaan

11. Pembelian: pembelanjaan, pemesanan peralatan kantor, pengiriman barang, faktur

12. Area teknis: elektronik, teknologi, komputer, laboratorium dan perlengkapannya, spesifikasi teknis

13. Perjalanan: kereta api, pesawat terbang, taksi, bus, kapal laut, kapal feri, tiket, jadwal, stasiun dan penjadwalan, informasi jadwal dan pengumuman di stasiun dan bandara, penyewaan mobil, hotel, reservasi, keterlambatan dan pembatalan.

Bagaimana format test TOEIC?

Sampai dengan saat ini, Tipe test TOEIC adalah pilihan ganda yang terdiri dari 200 pertanyaan dalam waktu 2 jam. Di dalam test TOEIC ada 2 sesi, yaitu: Listening dan Reading yang masing-masing sesi terdiri dari 100 pertanyaan.

Contoh soal TOEIC, klik di sini CONTOH TOEIC TEST

Catatan: contoh soal tidak bisa dijadikan sebagai acuan akan soal TOEIC yang akan dihadapi peserta. Peserta tidak akan memperoleh soal test yang sama setiap kali melakukan test.

Berdasarkan info terbaru dari ITC-TOEIC Representatives of ETS in Indonesia, ETS akan mengeluarkan bentuk terbaru dari TOEIC, yaitu yang terdiri dari 2 sesi: Speaking dan Writing. Rencananya, format test ini akan diluncurkan pada tahun 2010. Dengan demikian maka persyaratan penilaian tidak hanya dilihat secara pasif (Listening dan Reading) tetapi juga secara aktif (Speaking dan Writing).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s